Balikpapan

East Kalimantan

Telepon

(0542) 425381

Email

humas@untri.ac.id

Banyak sekali contoh rekayasa genetika yang dihasilkan dalam berbagai bidang dan sektor kehidupan manusia.

Perkembangan ilmu dan teknologi, membuat banyak contoh rekayasa genetika pun lahir. Berkat hal tersebut, tentu banyak sekali inovasi baru yang tercipta. Pengembangan ilmu dan penerapannya juga sudah semakin kompleks.

Berbagai bidang yang sudah menerapkan genetika hampir keseluruhan. Mulai dari pertanian, kedokteran, serta bioteknologi. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini ulasannya.

7 Contoh Rekayasa Genetika Inovatif

Di balik keterbatasan manusia dalam memenuhi kebutuhannya, ternyata ada hal-hal baru yang dapat diciptakan. Membantu serta mendukung banyak hal yang terjadi di dunia ini. Berikut contoh dari genetika yang berhasil dilakukan, yaitu:

Merupakan salah satu rekayasa yang berhasil dikembangkan di bidang kedokteran. Mampu mengobati manusia dari penyakit yang sifatnya bawaan. Terapi ini bisa dipakai untuk atasi kebutaan akibat gen.

Dalam kasus ini, gen yang sehat akan memberikan kode protein yang hilang atau rusak. Selanjutnya masuk ke dalam sel-sel pasien. Memungkinkan mereka melakukan produksi protein yang dibutuhkan hingga fungsinya normal kembali.

Terlihat cantik dan menarik dengan warnanya yang indah. Kamu harus tahu bahwa ikan Glowfish merupakan hasil modifikasi estetika. Berasal dari gen ubur-ubur yang memberikan protein fluresen ke ikan zebra.

Hasilnya akhirnya membuat ikan mampu bersinar dalam cahaya. Awal dari pengembangannya sendiri dilakukan untuk melakukan pendeteksian pencemaran oleh air. Siapa sangka, ternyata ikan ini jadi populer sebagai ikan hias.

Hasil dari percobaan yang dilakukan pada tikus dengan mematikan gen tertentu di tubuhnya. Sebenarnya tikus sudah lumrah dipakai untuk objek penelitian. Dengan tujuan untuk mempelajari fungsi gen dan pengaruh terhadap kesehatan.

Berlaku juga untuk pengembangan obat pada penyakit bawaan manusia. Pemberian wawasan pada tikus percobaan tentang diabetes, kanker dan penyakit Alzheimer. Sangat banyak sekali manfaat yang diperoleh dari rekayasa yang satu ini.

Membuat hewan terlihat mirip dan identic dengan induknya disebut dengan kloning. Sampai saat ini penelitian dan kloning hanya dilakukan pada hewan sebagai objek. Contohnya yang terbukti berhasil ada domba Dolly.

Merupakan salah satu mamalia yang berhasil kloning dari sel somatik. Penelitian ini juga dilakukan untuk memperbanyak hewan ternak dan bibit unggul. Dilengkapi dengan identifikasi penyakit yang terjaring.

Selanjutnya ada pembuatan insulin yang bertujuan untuk mengobati pasien diabetes. Rekayasa ini menggunakan pankreas babi atau sapi. Sedangkan istilah insulinnya sendiri dihasilkan dari bakteri.

Kemudian proses modifikasi genetika dari keduanya lah yang menghasilkan insulin rekombinan. Pasalnya bakteri tersebut diberi gen manusia yang mampu memproduksi insulin. Hasilnya bisa digunakan oleh seluruh manusia yang terkena penyakit serupa.

Di beberapa negara berkembang, kekurangan vitamin A menjadi suatu masalah. Hingga pada akhirnya, ada solusi inovatif yang melahirkan padi emas. Merupakan varietas padi yang telah mengalami modifikasi genetika.

Manfaatnya dapat mengurangi dan mengobati kebutaan bagi negara-negara yang membutuhkannya. Proses pembuatannya dengan menggabungkan bakteri dan tanaman padi. Akhirnya terciptalah varietas padi baru yang kaya akan vitamin A.

Hasil dari penggabungan dua jenis tanaman menjadi satu disebut transgenik. Kondisi ini memungkinkan tanaman mempunyai sifat tertentu dari gen yang telah disisipkan dari spesies lain. Contohnya seperti ketahanan hama atau penyakit.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan tentang 7 contoh rekayasa genetika di beberapa bidang. Semuanya tentu sudah dipertimbangkan dengan baik sesuai dengan manfaat dan dampaknya. Bentuk kemajuan ilmu dan teknologi yang seimbang bagi manusia modern.